Rizka, Noviani (2019) FAKTOR KETERLAMBATAN DALAM PROSES VERIFIKASI KLAIM PADA PASIEN JKN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT TK III. Dr.R.SOEHARSONO BANJARMASIN. [["eprint_typename_tugas_akhir" not defined]]
["page:fulltext" not defined]|
["document_typename_text" not defined]
Rizka Noviani - 16D30305.pdf ["summary_page:download" not defined] (150kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
JURNAL.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (159kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
PROPOSAL.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (1MB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
KTI.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (3MB) |
["eprint_fieldname_abstract" not defined]
Rumah sakit TK III. Dr.R.Soeharsono Banjarmasin melaksanakan pelayanan jkn , namun terdapat keterlambatan proses verifikasi klaim, salah satu faktornya adalah ketidaklengkapan persyaratan klaim pada pasien JKN rawat inap. Hal ini berdampak pada penundaan pelaksanaan verifikasi klaim pasien JKN di rumah sakit kepada pihak verifikasi BPJS di rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor keterlambatan proses verifikasi klaim pasien JKN rawat inap dirumah sakit TK III Dr.R. Soeharsono Banjarmasin. Penelitian ini mengunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap sampel berkas klaim pasien JKN rawat inap pada bulan Maret, April, dan Mei tahun 2019, dengan jumlah 95 berkas klaim dan diambil dengan mengunakan teknik random sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rumah sakit TK III Dr.R. Soeharsono telah memiliki alur klaim namun tidak lengkap karena di dalam alur klaim masih belum ada alur verifikasi administrasi, verifikasi pelayanan dan verifikasi yang mengunakan aplikasi INA CBG’s. Pada berkas klaim kelengkapan tertinggi terdapat pada lembar SEP yaitu lengkap (100%), sedangkan pada ketidaklengkapan tertinggi terdapat pada Data penunjang (16,8%), resume medis (12,6%), formulir verifikasi (7,3%). Dapat ditarik kesimpulan faktor penyebab keterlambatan klaim yaitu alur yang belum lengkap dan ketidaklengkapan persyaratan administrasi klaim seperti data penunjang, resume medis, formulir verifikasi.
| ["eprint_fieldname_type" not defined]: | ["eprint_typename_tugas_akhir" not defined] |
|---|---|
| ["eprint_fieldname_subjects" not defined]: | L Education["lib/metafield:join_subject_parts" not defined]LB Theory and practice of education |
| ["eprint_fieldname_divisions" not defined]: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
| ["eprint_fieldname_userid" not defined]: | Administrator SHB |
| ["eprint_fieldname_datestamp" not defined]: | 26 ["lib/utils:month_short_01" not defined] 2022 02:47 |
| ["eprint_fieldname_lastmod" not defined]: | 08 ["lib/utils:month_short_08" not defined] 2023 02:15 |
| URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/87 |
![]() |
["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] |




![["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] ["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined]](/style/images/action_view.png)