FAHRA AULIA, RAMADHANI (2024) ANALISIS KEPATUHAN PETUGAS PENDAFTARAN RAWAT INAP TERHADAP PELAKSANAAN SPO HAK DAN KEWAJIBAN PASIEN DAN KELUARGA DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN. [Tugas Akhir]
Text
COVER.pdf Download (205kB) |
|
Text
ABSTRAK FAHRA 2024.pdf Download (186kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (385kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (353kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (332kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (514kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (189kB) |
|
Text
JURNAL PUBLIKASI FAHRA 2024.pdf Restricted to Repository staff only Download (408kB) |
Abstract
Rumah sakit berkewajiban memberikan informasi yang benar tentang pelayanan rumah sakit kepada masyarakat, menghormati, melindungi hak pasien, dan memberikan informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai hak dan kewajiban pasien. Permasalahan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin pasien yang mendaftar rawat inap hanya diberikan beberapa poin penjelasan dari 18 hak dan 8 kewajiban yaitu mengenai hak dan kewajiban pasien diantaranya tata tertib dan peraturan, pemilihan dokter dan kelas perawatan, dan persetujuan atau penolakan tindakan yang akan dilakukan selama pasien menjalani perawatan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kepatuhan petugas pendaftaran rawat inap terhadap pelaksanaan SPO hak dan kewajiban pasien dan keluarga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan narrative research dengan menggunakan instrumen berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Subjek penelitian dalam penelitian ini berjumlah tujuh informan diantaranya adalah tiga Petugas Pendaftaran Rawat Inap, satu Kepala Instalasi Rekam Medis dan tiga Penerima Layanan. Rumah Sakit Islam Banjarmasin memiliki SPO Pendaftaran Pasien Rawat Inap dan SPO Hak dan Kewajiban Pasien dan Keluarga, Petugas Pendaftaran Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Banjarmasin tidak sepenuhnya patuh terhadap pelaksanaan SPO Hak dan Kewajiban Pasien dan Keluarga dan faktor penyebab ketidakpatuhan adalah waktu pelayanan yang singkat, keterbatasan penerima layanan, dan intensitas pekerjaan yang tinggi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa petugas pendaftaran rawat inap di RS Islam Banjarmasin tidak patuh terhadap pelaksanaan prosedur di SPO Hak dan Kewajiban Pasien dan Keluarga. Kata Kunci : Kepatuhan, Petugas Pendaftaran Rawat Inap, SPO Hak dan Kewajiban
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:01 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:01 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/708 |
Actions (login required)
View Item |