HERLINA, HERLINA (2023) TINJAUAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN PASIEN RAWAT JALAN POLIKLINIK PARU DI RUMAH SAKIT UMUM SYIFA MEDIKA BANJARBARU. [Tugas Akhir]
Text
Herkina_20D30673_Proposal.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Herlina_20D30673_Abstrak.pdf Download (369kB) |
|
Text
Herlina_20D30673_Jurnal PublikasiIlmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
Herlina_20D30673_Karya Tulis Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Rumah sakit adalah institusi pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan secara paripurna yang menyediakan pelayanan rawat inap, rawat jalan, dan gawat darurat, Waktu tunggu rawat jalan adalah waktu yang diperlukan mulai pasien mendaftar sampai dilayani oleh dokter spesialis, rawat jalan yang spesialistik pada hari kerja di setiap rumah sakit yang mudah dan cepat diakses oleh pasien Waktu tunggu rawat jalan memiliki standar yaitu ≤ 60 menit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi waktu tunggu rawat jalan poliklinik paru. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Subyek penelitian ini adalah 1 orang perawat poliklinik paru, 1 orang petugas pendaftaran, 1 orang kepala instalasi rawat jalan, dan 1 orang kepala instalasi rekam medis. Berdasarkan hasil penelitian, alur pelayanan pasien rawat jalan dimulai pasien datang menuju mesin nomor antri kemudian melaksanakan pendaftaran. Kemudian pasien menuju poliklinik paru dan diperiksa oleh perawat dan dokter di poliklinik paru. Rata-rata waktu tunggu rawat jalan poliklinik paru yaitu rata-rata 62 menit 47 detik. Belum semua petugas pendaftaran berpendidikan D3 Perekam dan Informasi Kesehatan. Semua petugas dan dokter spesialis paru berusia produktif. Perawat dan dokter spesialis paru memiliki masa kerja lebih dari 2 tahun tetapi terdapat 4 petugas pendaftaran memiliki masa kerja kurang dari 2 tahun. Petugas pendaftaran dan perawat poliklinik paru datang tepat waktu. Dokter spesialis paru tidak selalu datang tepat waktu sesuai jadwal praktek, terlambat hingga 1 jam. Sarana dan prasarana telah memberi kemudahan bagi pasien dan pelayanan rawat jalan di poliklinik paru. Kegiatan petugas pendaftaran telah sesuai dengan SPO dan pemeriksaan kesehatan yang dilakukan di poliklinik paru untuk menegakkan diagnosis dan merencanakan perawatan lanjutan. Sebaiknya pada perjanjian kerja sama antara rumah sakit dan dokter spesialis dicantumkan indikator kinerja dokter spesialis yaitu ketepatan waktu datang terhadap jadwal praktek di poliklinik. Kata Kunci : Waktu tunggu, pelayanan, rawat jalan, standar, poliklinik
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 08:09 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 08:09 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/582 |
Actions (login required)
View Item |