NADIYA, SHERINA HIDAYAT (2023) PENGARUH WAKTU PENGANTARAN STATUS REKAM MEDIS KE POLI UMUM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI PUSKESMAS PELAIHARI TAHUN 2022. [Tugas Akhir]
Text
ABSTRAK.pdf Download (381kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (345kB) |
|
Text
KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
|
Text
PROPOSAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Waktu pengantaran adalah waktu yang dihitung mulai dari pasien selesai melakukan registrasi sampai dengan proses pencarian berkas rekam medis agar dapat di distribusikan ke poli yang dituju. Berdasarkan studi pendahuluan di Puskesmas Pelaihari dari hasil wawancara kepada petugas loket pendaftaran, pengantaran berkas rekam medis ke poli umum adalah 15 menit. Untuk pengantaran berkas rekam medis tidak ada petugas rekam medis melainkan petugas loket.Berdasarkan wawancara terhadap pasien, ditemukan bahwa tingkat kepuasan terhadap layanan masih kurang.Dari 20 orang dan dilakukan wawancara, terdapat 15 tidak puas karena menunggu lama dan 5 pasien menyatakan puas. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh waktu pengantaran status rekam medis ke poli umum terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Pelaihari. Penelitian bersifat analitik yang dilakukan secara kuantitatif dengan populasi adalah seluruh pasien di Poli Umum Puskesmas Pelaihari selama 3 hari berjumlah 300 orang. Sampel sejumlah 75 responden diambil dengan menggunakan teknikaccidental sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah waktu pengantaran dan tingkat kepuasan pasien. Teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Analisis data dengan Uji Chi Square. Berdasarkan hasil penelitian, dari 75responden didapatkan 38 responden(50,7%) tidak puas dan 37responden(49,3%) puas terhadap pelayanan di Puskesmas Pelaihari.Waktu pengantaran berkas rekam medis diperoleh bahwa yang tergolong kategori sesuai standar adalah 36 rekam medis (48%) dan kategori tidak sesuai standar 39 rekam medis (52%). Terdapat pengaruh waktu pengantaran rekam medis ke poli umum terhadap tingkat kepuasan pasien di Puskesmas Pelaihari dengan nilai ρ0,001. Kata kunci: waktu pengantaran, kepuasan pasien, rekam medis
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 25 Jan 2024 01:15 |
Last Modified: | 25 Jan 2024 01:15 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/559 |
Actions (login required)
View Item |