NILUH RESHI, WIDNYANA SANTI (2019) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG GIZI SEIMBANG BALITA DI POSYANDU CEMPAKA. [["eprint_typename_tugas_akhir" not defined]]
["page:fulltext" not defined]|
["document_typename_text" not defined]
NILUH RESHI WIDNYANA SANTI- abstrak.pdf ["summary_page:download" not defined] (154kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
skripsi lengkap niluh 2019 pdf.pdf Restricted to ["security_typename_validuser" not defined] ["summary_page:download" not defined] (3MB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
Proposal Lengkap Niluh 2019 PDF.pdf Restricted to ["security_typename_validuser" not defined] ["summary_page:download" not defined] (1MB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
JURNAL BENAR pdf.pdf Restricted to ["security_typename_validuser" not defined] ["summary_page:download" not defined] (360kB) |
["eprint_fieldname_abstract" not defined]
Tingginya kasus malnutrisi di Indonesia menunjukkan masih rendahnya tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat mengenai gizi Seimbang. Pendidikan gizi merupakan pendekatan edukatif untuk menghasilkan perilaku individu atau masyarakat yang diperlukan dalam mempertahankan gizi seimbang. Pendidikan, pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi merupakan hal yang saling berhubungan untuk meningkatkan pengetahuan gizi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan pengetahuan sikap dan perilaku ibu sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang. Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Uji statistik menggunakan uji T dengan 2 sampel bebas pada 80 sampel yang dipilih secara probality sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil Penelitian didapatkan kelompok intervensi 15 orang (37%) pengetahuan baik, meningkat menjadi 18 orang (45%) setelah 3 hari penyuluhan. Sikap ibu diberikan penyuluhan dari kelompok intervensi 22 (55%) sikap baik, meningkat menjadi 26 (65%). Perilaku ibu diberikan penyuluhan dari kelompok intervensi 22 orang (55%) perilaku baik, meningkat menjadi 24 orang (60%). Kesimpulan ada perbedaan pengetahuan antara kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,001) dan ada perbedaan sikap antara kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,000) dan ada perbedaan perilaku ibu kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,001).
| ["eprint_fieldname_type" not defined]: | ["eprint_typename_tugas_akhir" not defined] |
|---|---|
| ["eprint_fieldname_subjects" not defined]: | L Education["lib/metafield:join_subject_parts" not defined]LB Theory and practice of education |
| ["eprint_fieldname_divisions" not defined]: | S1 Gizi |
| ["eprint_fieldname_userid" not defined]: | Administrator SHB |
| ["eprint_fieldname_datestamp" not defined]: | 11 ["lib/utils:month_short_02" not defined] 2022 08:16 |
| ["eprint_fieldname_lastmod" not defined]: | 05 ["lib/utils:month_short_06" not defined] 2023 06:23 |
| URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/292 |
![]() |
["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] |




![["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] ["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined]](/style/images/action_view.png)