Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG GIZI SEIMBANG BALITA DI POSYANDU CEMPAKA

NILUH RESHI, WIDNYANA SANTI (2019) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU TENTANG GIZI SEIMBANG BALITA DI POSYANDU CEMPAKA. [Tugas Akhir]

[img] Text
NILUH RESHI WIDNYANA SANTI- abstrak.pdf

Download (154kB)

Abstract

Tingginya kasus malnutrisi di Indonesia menunjukkan masih rendahnya tingkat pengetahuan, sikap dan perilaku masyarakat mengenai gizi Seimbang. Pendidikan gizi merupakan pendekatan edukatif untuk menghasilkan perilaku individu atau masyarakat yang diperlukan dalam mempertahankan gizi seimbang. Pendidikan, pengetahuan, sikap, dan perilaku gizi merupakan hal yang saling berhubungan untuk meningkatkan pengetahuan gizi. Penelitian ini bertujuan mengetahui perubahan pengetahuan sikap dan perilaku ibu sebelum dan sesudah penyuluhan gizi seimbang. Metode penelitian ini adalah eksperimental dengan desain pretest-posttest control group. Uji statistik menggunakan uji T dengan 2 sampel bebas pada 80 sampel yang dipilih secara probality sampling dengan teknik simple random sampling. Hasil Penelitian didapatkan kelompok intervensi 15 orang (37%) pengetahuan baik, meningkat menjadi 18 orang (45%) setelah 3 hari penyuluhan. Sikap ibu diberikan penyuluhan dari kelompok intervensi 22 (55%) sikap baik, meningkat menjadi 26 (65%). Perilaku ibu diberikan penyuluhan dari kelompok intervensi 22 orang (55%) perilaku baik, meningkat menjadi 24 orang (60%). Kesimpulan ada perbedaan pengetahuan antara kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,001) dan ada perbedaan sikap antara kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,000) dan ada perbedaan perilaku ibu kelompok kontrol yang tidak diberi penyuluhan gizi dengan kelompok intervensi yang diberi penyuluhan gizi (p=0,001).

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S1 Gizi
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 11 Feb 2022 08:16
Last Modified: 11 Feb 2022 08:16
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/292

Actions (login required)

View Item View Item