SALSABILA NANDA, BUDI UTAMI (2024) MANAJEMEN PENANGANAN KLAIM PENDING BPJS RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM MAWAR BANJARBARU. [Tugas Akhir]
Text
Cover.pdf Download (28kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (133kB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (253kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (344kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (146kB) |
|
Text
Jurnal Ilmiah.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
Abstract
Klaim pending adalah pengembalian klaim dimana belum ada kesepakatan antara BPJS Kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut. Rumah Sakit Umum Mawar Banjarbaru, tahun 2023 dilakukan pengembalian klaim oleh BPJS Kesehatan pada bulan Januari-September. Hal yang selama ini dilakukan oleh RSU Mawar Banjarbaru hanya sebatas merevisi klaim pending. Maka dari itu perlunya sebuah manajemen yang baik terkait pelaksanaan penanganan klaim pending tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen penanganan klaim pending BPJS rawat inap di RSU Mawar Banjarbaru dengan fungsi POAC (Planning, Organizing, Actuating, Controlling). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Informan penelitian ini adalah 1 koordinator JKN, 2 petugas entry klaim, dan 1 dokter verifikator internal klaim. Instrumen penelitian ini berupa pedoman observasi dan pedoman wawancara. Teknik Analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa RSU Mawar Banjarbaru telah memiliki dokumen terkait 4 fungsi manajemen (Planning, Organizing, Actuating, Controlling) dan telah dilaksanakan dengan baik oleh RSU Mawar Banjarbaru sementara untuk fungsi Organizing belum terlaksana dengan baik. Diharapkan kepada pihak rumah sakit agar membuat Susunan Organisasi Tatakerja sebagai acuan petugas dalam melakukan pekerjaan, menambah sumber daya manusia dan melaksanakan pelatihan terkait penanganan klaim pending. Kata kunci: BPJS, Manajemen, Klaim Pending, POAC
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 03:17 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 03:17 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/738 |
Actions (login required)
View Item |