Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA ANAK GIZI LEBIH DI SDN 1 LANDASAN ULIN TIMUR KOTA BANJARBARU DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE

PUTIR, TRIAYU (2024) PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA ANAK GIZI LEBIH DI SDN 1 LANDASAN ULIN TIMUR KOTA BANJARBARU DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE. [Tugas Akhir]

[img] Text
1 Cover.pdf

Download (13kB)
[img] Text
2 Abstrack.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img] Text
3 JURNAL ILMIAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)

Abstract

Overweight adalah kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penimbunan jaringan lemak atau nonlemak. Sedangkan obesitas diartikan sebagai suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan. Media puzzle dapat menarik minat belajar, melatih daya ingat, melatih psikomotorik, meningkatkan keterampilan kognitif, sosial, kreatifitas, dan terciptanya suasana kelas yang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap pada anak gizi lebih di SDN 1 Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru dengan media permainan puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen, dengan rancangan penelitian one group pretest–postest design. Sampel dalam penelitian berjumlah 75 responden dengan teknik pengambilan data total sampel. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner pre test dan post test untuk pengetahuan dan sikap gizi seimbang dan media permainan puzzle. Analisis data dengan uji wilcoxon dengan nilai p<0,05. Hasil penelitian diperoleh yaitu pemberian edukasi gizi dengan media permainan puzzle memiliki pengaruh terhadap perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan p-value 0,001. Pemberian edukasi gizi dengan media permainan puzzle memiliki pengaruh terhadap perbedaan sikap gizi sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan p-value 0,001. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau pembanding untuk penelitian selanjutnya dengan penambahan variabel lain seperti perilaku dan praktik terkait gizi. Kata kunci: Edukasi, Gizi Lebih, Gizi Seimbang, Puzzle

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S1 Gizi
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 17 Jan 2025 02:39
Last Modified: 17 Jan 2025 02:39
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/685

Actions (login required)

View Item View Item