RIZKA, ERPINA DEWI (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN GIZI, POLA MAKAN, AKTIVITAS FISIK DAN KEBIASAAN KONSUMSI MAKANAN JAJANAN DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA SEKOLAH DASAR DI SDIT BABUL JANNAH TAHUN 2024. [["eprint_typename_tugas_akhir" not defined]]
["page:fulltext" not defined]|
["document_typename_text" not defined]
Cover.pdf ["summary_page:download" not defined] (51kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
ABSTRACT.pdf ["summary_page:download" not defined] (36kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
BAB 1.pdf ["summary_page:download" not defined] (128kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
BAB 2.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (297kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
BAB 3.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (190kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
BAB 4.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (393kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
BAB 5.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (35kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
Jurnal Ilmiah_Rizka Erpina Dewi 20S10324.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (247kB) |
["eprint_fieldname_abstract" not defined]
Masalah gizi pada anak usia sekolah dapat menyebabkan gangguan fisik, berkurangnya konsentrasi saat belajar, dan menurunnya kecerdasan yang berdampak pada prestasi sekolah anak. Pengetahuan gizi merupakan faktor tidak langsung dalam memicu terjadinya kekurangan dan kelebihan gizi pada anak sekolah dasar. Pola makan anak yang tidak tercapai dengan baik maka pertumbuhan dan perkembangan akan terhambat. Rendahnya aktivitas fisik dan mengonsumsi makanan jajanan berlebih akan menyebabkan status gizi lebih/overweight. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan gizi, pola makan, aktivitas fisik dan kebiasaan konsumsi makanan jajanan dengan status gizi pada anak usia sekolah dasar di SDIT Babul Jannah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis penelitian ini bersifat observasional dengan pendekatan cross sectional. Pemilihan sampel dilakukan dengan metode random sampling, sampel berjumlah 55 resonden. Hasil penelitian ini menunjukan sebagian besar respoden memiliki pengetahuan gizi baik (49,1%), pola makan baik (51%), aktivitas fisik baik (68,1%) dan kebiasaan konsumsi makanan jajanan tinggi (49,1%). Hasil penelitian menggunakan uji statistik rank spearman menunjukkan pengetahuan gizi (p= 0,716), aktivitas fisik (p= 0,558) tidak berhubungan dengan status gizi, sedangkan pola makan (p= 0,001), kebiasaan konsumsi makanan jajanan (p= 0,001) berhubungan dengan status gizi. Diharapkan kepada santri dan santriwati dapat menambah pengetahuan terkait gizi, pola makan, aktivitas fisik maupun kebiasaan konsumsi makanan jajanan sehingga dalam kehidupan sehari-hari lebih selektif untuk memilih makanan yang dikonsumsi serta melakukan aktivitas fisik yang baik dan tidak berlebihan. Kata Kunci : Aktivitas fisik, kebiasaan konsumsi makanan jajanan, pengetahua gizi, pola makan, status sizi
| ["eprint_fieldname_type" not defined]: | ["eprint_typename_tugas_akhir" not defined] |
|---|---|
| ["eprint_fieldname_subjects" not defined]: | L Education["lib/metafield:join_subject_parts" not defined]LB Theory and practice of education |
| ["eprint_fieldname_divisions" not defined]: | S1 Gizi |
| ["eprint_fieldname_userid" not defined]: | Administrator SHB |
| ["eprint_fieldname_datestamp" not defined]: | 17 ["lib/utils:month_short_01" not defined] 2025 02:37 |
| ["eprint_fieldname_lastmod" not defined]: | 17 ["lib/utils:month_short_01" not defined] 2025 02:37 |
| URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/677 |
![]() |
["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] |




![["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] ["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined]](/style/images/action_view.png)