SULISTARI, SULISTARI (2023) HUBUNGAN TINGKAT KEPUASAN PENYAJIAN MAKANAN DAN VARIASI MENU DENGAN SISA MAKANAN LUNAK PADA PASIEN DI RSUD H. BOEJASIN PELAIHARI. [["eprint_typename_tugas_akhir" not defined]]
["page:fulltext" not defined]|
["document_typename_text" not defined]
ABSTRAK_SULISTARI.pdf ["summary_page:download" not defined] (35kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
JURNAL_SULISTARI.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (139kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
PROPOSAL_SULISTARI.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (845kB) |
|
|
["document_typename_text" not defined]
SKRIPSI_SULISTARI.pdf Restricted to ["security_typename_staffonly" not defined] ["summary_page:download" not defined] (6MB) |
["eprint_fieldname_abstract" not defined]
Ketidakpuasan penyajian makanan dan menu yang tidak bervariasi di rumah sakit dapat menyebabkan sisa makanan lunak yang cukup tinggi. Makanan yang tersisa menunjukkan bahwa pemberian makanan kurang optimal, sehingga sisa makanan merupakan salah satu indikator yang sederhana untuk dapat digunakan sebagai evaluasi keberhasilan pelayanan gizi rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kepuasan penyajian makanan dan variasi menu dengan sisa makanan lunak pada pasien di RSUD H. Boejasin Pelaihari. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel penelitian berjumlah 30 orang pasien kelas tiga yang memenuhi kriteria inklusi. Data kepuasan penyajian makanan dan variasi menu diperoleh dari lembar kuesioner dan hasil wawancara, sedangkan data sisa makanan lunak diperoleh dari penimbangan sisa makanan. Data dianalisis dengan menggunakan uji Rank Spearman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 70% tingkat kepuasan penyajian makanan menarik, 76,7% variasi menu makanan bervariasi dan 70% pasien menyisakan makanan banyak. Tingkat kepuasan penyajian makanan tidak terbukti memiliki hubungan dengan makanan lunak (p = 0,803) dan variasi menu tidak terbukti memiliki hubungan dengan sisa makanan lunak (p = 0,928). Oleh karena itu disarankan untuk ahli gizi ruangan untuk terus selalu memberikan edukasi ke pasien agar dapat menghabiskan makanan yang disajikan supaya bisa mempercepat proses penyembuhan. Kata kunci: Tingkat kepuasan penyajian makanan, variasi menu, sisa makanan lunak.
| ["eprint_fieldname_type" not defined]: | ["eprint_typename_tugas_akhir" not defined] |
|---|---|
| ["eprint_fieldname_subjects" not defined]: | L Education["lib/metafield:join_subject_parts" not defined]LB Theory and practice of education |
| ["eprint_fieldname_divisions" not defined]: | S1 Gizi |
| ["eprint_fieldname_userid" not defined]: | Administrator SHB |
| ["eprint_fieldname_datestamp" not defined]: | 25 ["lib/utils:month_short_01" not defined] 2024 01:14 |
| ["eprint_fieldname_lastmod" not defined]: | 25 ["lib/utils:month_short_01" not defined] 2024 01:14 |
| URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/557 |
![]() |
["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] |




![["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined] ["Plugin/Screen/EPrint/View:title" not defined]](/style/images/action_view.png)