Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap dengan Kepuasan Keluarga Pasien BPJS Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2022

RIKA, MARIANA (2022) Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap dengan Kepuasan Keluarga Pasien BPJS Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2022. [Tugas Akhir]

[img] Text
Abstrak KTI Rika Mariana 19D30625.pdf

Download (154kB)

Abstract

Mutu pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi mutu pelayanan pendaftaran, mengidentifikasi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan pendaftaran dan menganalisis hubungan mutu pelayanan pendaftaran rawat inap dengan kepuasan keluarga pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dan sampel penelitian ini sebanyak 60 keluarga pasien. Berdasarkan penelitian mengenai hasil identifikasi mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat inap sebagian besar responden menyatakan baik sebanyak 49 responden (81,7%) dan responden yang menyatakan kurang baik sebanyak 11 responden (18,3%). Berdasarkan penelitian mengenai hasil identifikasi kepuasan keluarga pasien rawat inap sebagian besar responden menyatakan puas sebanyak 41 responden (68,3%) dan responden yang menyatakan kurang puas sebanyak 19 responden (31,7%). Berdasarkan hasil analisis uji Chi-Square menunjukan bahwa Ha diterima yaitu mutu pelayanan pendaftaran rawat inap terbukti memiliki hubungan dengan kepuasan keluarga pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Banjarmasin tahun 2022 (nilai p-value kehandalan = 0,002, ketanggapan = 0,007, empati = 0,031, bukti langsung 0,001, dan jaminan = 0,000). Kata kunci : BPJS, Mutu Pelayanan, dan Kepuasan Keluarga Pasien

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 08 Feb 2023 08:34
Last Modified: 08 Feb 2023 08:34
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/415

Actions (login required)

View Item View Item