RIA, ERVINA (2020) HUBUNGAN POLA MAKAN DAN PERILAKU SARAPAN PAGI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SDN 1 HAPALAH KABUPATEN TABALONG. [Tugas Akhir]
Text
RIA ERVINA-abstrak.pdf Download (153kB) |
|
Text
PROPOSAL RIA ERVINA-PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
JURNAL RIA ERVINA-PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (152kB) |
|
Text
SKRIPSI RIA ERVINA-PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Prestasi belajar adalah suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang anak dalam melakukan kegiatan belajarnya sesuai dengan bobot yang dicapainya. Mengkonsumsi makanan secara benar dengan gizi seimbang akan memberikan energi yang cukup karena akan berpengaruh terhadap perkembangan otak, apabila makanan tidak cukup mengandung zat-zat gizi yang dibutuhkan, dan keadaan ini berlangsung lama, akan menyebabkan perubahan metabolisme dalam otak yang berakibat terjadinya ketidakmampuan kinerja otak berfungsi normal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola makan dan perilaku sarapan pagi terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan analitik dengan rancangan cross sectional. Penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling, yang dilakukan terhadap 64 orang responden siswa SDN 1 Hapalah Kabupaten Tabalong yaitu dari kelas 3,4 dan 5. Hasil penelitian ini adalah pola makan siswa dalam kategori cukup (43,8%), perilaku sarapan pagi siswa dalam kategori positif (53,1%), dan prestasi belajar siswa dalam kategori baik (89%). Hasil uji statistik dengan menggunakan Rank Spearman menunjukkan adanya hubungan antara pola makan terhadap prestasi belajar siswa SDN 1 Hapalah Kabupaten Tabalong (p=0,042), adanya hubungan antara perilaku sarapan pagi terhadap prestasi belajar siswa SDN 1 Hapalah Kabupaten Tabalong (p=0,034).
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 04:02 |
Last Modified: | 06 Jun 2023 01:36 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/270 |
Actions (login required)
View Item |