MELDA, HANDAYANI (2020) TINJAUAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TENTANG PROSEDUR SISTEM RUJUKAN ONLINE PELAYANANBPJS DIRSD IDAMAN BANJARBARU TAHUN 2019. [Tugas Akhir]
Text
MELDA HANDAYANI - 17D30358.pdf Download (90kB) |
|
Text
MELDA HANDAYANI-17D30358-KTI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
MELDA HANDAYANI-17D30358-NASKAH PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (342kB) |
|
Text
MELDA HANDAYANI-17D30358-PROPOSAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Rujukan pelayanan kesehatan suatu penyelenggaraan pelayanan kesehatan secara timbal balik vertikal maupun horizontal yang wajib dilaksanakan oleh peserta jaminan kesehatan atau asuransi kesehatan sosial, dan seluruh fasilitias kesehatan. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan pasien rawat jalan tentang prosedur sistem rujukan online pelayanan BPJS diRSD Idaman Banjarbaru dengan menggunakan lima dimensi kualitas pelayanan yaitu kehandalan, jaminan, ketanggapan, perhatian, bukti fisik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan kuesioner kepada petugas pendaftaran dan pasien dengan. Teknik sampel yang digunakan accidental sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa prosedur kepuasan pasien rawat jalan dengan sistem rujukan online diRSD Idaman Banjarbaru belum memiliki SPO tersendiri dalam pelayanan rujukan online SPO yang digunakan sampai saat ini masih sama dengan pelayanan rawat jalan dan rawat inap. Pengisian kuesioner oleh pasien kemudian dihitung tingkat kepuasan pasien terhadap indikator yang diteliti. Berdasarkan perhitungan tingkat kepuasan pasien terhadap indikator kehandalan sebesar 50 puas. jaminan 50 puas, ketanggapan 40 puas, perhatian 50 puas, bukti fisik 50 puas. Hal ini menunjukan bahwa sebagian pasien pada pelayanan kesehatan diRSD Idaman Banjarbaru adalah belum memuaskan.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 27 Jan 2022 05:58 |
Last Modified: | 09 Aug 2023 08:18 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/116 |
Actions (login required)
View Item |