Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

FAKTOR KETERLAMBATAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI UPT PUSKESMAS MARTAPURA 2

RATNA, VELA FISTINISA (2019) FAKTOR KETERLAMBATAN PELAYANAN RAWAT JALAN DI UPT PUSKESMAS MARTAPURA 2. [Tugas Akhir]

[img] Text
RATNA VELA FISTINISA - 16D30302.pdf

Download (90kB)
[img] Text
jurnal.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (270kB)
[img] Text
KARYA TULIS ILMIAH (KTI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
PROPOSAL PIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Dalam upaya melaksanakan pelayanan kesehatan yang bermutu salah satu aspek mutu pelayanan kesehatan adalah akses terhadap pelayanan yang ditandai dengan waktu tunggu pasien. Waktu tunggu merupakan salah satu tolak ukur mutu pelayanan kesehatan. Pelaksanaan pelayanan pasien pada pelayanan rawat jalan di UPT Puskesmas Martapura 2 sendiri masih belum berjalan dengan baik dan kurang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor keterlambatan pelayanan rawat jalan di UPT puskesmas Martapura 2, dengan subjek penelitian dengan menggunakan populasi dan sample yaitu petugas pendaftaran, petugas rekam medis, petugas poliklinik, petugas apotik dan pasien rawat jalan yang berkunjung ke UPT Puskesmas Martapura 2 dan sampel menggunakan. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara dan observasi dianalisis dengan memaparkan hasil penelitian apa adanya dan membandingkan dengan teori yang ada kemudian diambil kesimpulan. Hasil penelitian di UPT Puskesmas Martapura 2 menunjukan bahwa waktu tunggu pelayanan rawat jalan menunjukan pada mayoritas lama >60 menit sebanyak 80 pasien. Diharapkan Sumber daya manusia di UPT Puskesmas Martapura 2 di pelayanan khususnya di poli umum ditambahkan satu dokter dan di apotik di tambahkan satu orang farmasi lagi sehiga bisa mempercepat pelayanan rawat jalan. Berdasarkan hitungan metode WISN Sumber daya manusia dalam pelayanan rawat jalan di UPT Puskesmas Martapura 2 masih kekurangan untuk di poli umum dan apotik jadi diharapkan akan meninjau kembali sistem pelayanan rawat jalan yang dalam hal ini waktu tunggu bagi pasien yang berobat di berbagai poli klinik rawat jalan yang mengacu kepada standar minimal pelayanan dan menggunakan SIMPUS (sistem informasi puskesmas) agar pelayanan lebih cepat.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:47
Last Modified: 08 Aug 2023 02:08
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/85

Actions (login required)

View Item View Item