FADIA SHAFA, SALSABIL RIFANIE (2024) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS GUNTUNG PAYUNG. [Tugas Akhir]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (77kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (82kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (126kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
|
Text
JURNAL.pdf Restricted to Repository staff only Download (207kB) |
Abstract
Kepuasan pasien adalah tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya. Kepuasan yang dialami oleh pasien sangat berkaitan erat dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh pihak Puskesmas (dalam hal ini tangibles, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty). Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan dengan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Guntung Payung. metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini semua pasien BPJS yang berobat di Puskesmas Guntung Payung periode Januari – Desember 2023 sebanyak 21.075 pasien. Sampel sebanyak 100 responden, instrument yang digunakan yaitu kuesioner. Hasil penelitian pasien puas sebanyak 52 responden (52%), kualitas pelayanan mayoritas baik sebanyak 88 responden (88%), reliability sebanyak 86 responen (86%), responsivness sebanyak 82 responden (82%), asurance sebanyak 63 responden (63%), dan emphaty sebanyak 80 responden (80%). Ada hubungan reliability (p.value=0,006), responsivness (p.value=0,011) dan empathy (p.value=0,00) dengan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Guntung Payung. Sedangkan tidak ada hubungan tangible (p.value=0,284), dan assurance (p.value=0,121) dengan kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Guntung Payung. Kata Kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pasien BPJS
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 02:01 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 02:01 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/707 |
Actions (login required)
View Item |