PUTIR, TRIAYU (2024) PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP PADA ANAK GIZI LEBIH DI SDN 1 LANDASAN ULIN TIMUR KOTA BANJARBARU DENGAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE. [Tugas Akhir]
Text
1 Cover.pdf Download (13kB) |
|
Text
2 Abstrack.pdf Download (89kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (212kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (336kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (330kB) |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
|
Text
3 JURNAL ILMIAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
Abstract
Overweight adalah kelebihan berat badan yang disebabkan oleh penimbunan jaringan lemak atau nonlemak. Sedangkan obesitas diartikan sebagai suatu kelainan atau penyakit yang ditandai dengan penimbunan jaringan lemak tubuh secara berlebihan. Media puzzle dapat menarik minat belajar, melatih daya ingat, melatih psikomotorik, meningkatkan keterampilan kognitif, sosial, kreatifitas, dan terciptanya suasana kelas yang aktif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang terhadap pengetahuan dan sikap pada anak gizi lebih di SDN 1 Landasan Ulin Timur Kota Banjarbaru dengan media permainan puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre eksperimen, dengan rancangan penelitian one group pretest–postest design. Sampel dalam penelitian berjumlah 75 responden dengan teknik pengambilan data total sampel. Instrument dalam penelitian ini menggunakan kuesioner pre test dan post test untuk pengetahuan dan sikap gizi seimbang dan media permainan puzzle. Analisis data dengan uji wilcoxon dengan nilai p<0,05. Hasil penelitian diperoleh yaitu pemberian edukasi gizi dengan media permainan puzzle memiliki pengaruh terhadap perbedaan pengetahuan gizi sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan p-value 0,001. Pemberian edukasi gizi dengan media permainan puzzle memiliki pengaruh terhadap perbedaan sikap gizi sebelum dan sesudah diberikan edukasi dengan p-value 0,001. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi atau pembanding untuk penelitian selanjutnya dengan penambahan variabel lain seperti perilaku dan praktik terkait gizi. Kata kunci: Edukasi, Gizi Lebih, Gizi Seimbang, Puzzle
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 17 Jan 2025 02:39 |
Last Modified: | 17 Jan 2025 02:39 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/685 |
Actions (login required)
View Item |