RIKA, MARIANA (2022) Hubungan Mutu Pelayanan Pendaftaran Rawat Inap dengan Kepuasan Keluarga Pasien BPJS Di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2022. [Tugas Akhir]
Text
Abstrak KTI Rika Mariana 19D30625.pdf Download (154kB) |
Abstract
Mutu pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat pelayanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Pasien baru akan merasa puas apabila kinerja layanan kesehatan sama atau melebihi harapannya dan sebaliknya, ketidakpuasan atau perasaan kecewa pasien akan muncul apabila kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya tidak sesuai dengan apa yang diharapkannya. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi mutu pelayanan pendaftaran, mengidentifikasi kepuasan pasien BPJS terhadap pelayanan pendaftaran dan menganalisis hubungan mutu pelayanan pendaftaran rawat inap dengan kepuasan keluarga pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2022. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional dan sampel penelitian ini sebanyak 60 keluarga pasien. Berdasarkan penelitian mengenai hasil identifikasi mutu pelayanan pendaftaran pasien rawat inap sebagian besar responden menyatakan baik sebanyak 49 responden (81,7%) dan responden yang menyatakan kurang baik sebanyak 11 responden (18,3%). Berdasarkan penelitian mengenai hasil identifikasi kepuasan keluarga pasien rawat inap sebagian besar responden menyatakan puas sebanyak 41 responden (68,3%) dan responden yang menyatakan kurang puas sebanyak 19 responden (31,7%). Berdasarkan hasil analisis uji Chi-Square menunjukan bahwa Ha diterima yaitu mutu pelayanan pendaftaran rawat inap terbukti memiliki hubungan dengan kepuasan keluarga pasien BPJS di Rumah Sakit Islam Banjarmasin tahun 2022 (nilai p-value kehandalan = 0,002, ketanggapan = 0,007, empati = 0,031, bukti langsung 0,001, dan jaminan = 0,000). Kata kunci : BPJS, Mutu Pelayanan, dan Kepuasan Keluarga Pasien
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 08:34 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 08:34 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/415 |
Actions (login required)
View Item |