Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA CERITA PENDEK (CERPEN) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU ANAK TENTANG GIZI SEIMBANG DI SDN GUNUNG MAKMUR 1

SEPTI ANGGISTIA, PAULIN (2021) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA CERITA PENDEK (CERPEN) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU ANAK TENTANG GIZI SEIMBANG DI SDN GUNUNG MAKMUR 1. [Tugas Akhir]

[img] Text
SEPTI ANGGISTIA PAULIN abstrak.pdf

Download (154kB)

Abstract

Pendidikan gizi pada hakikatnya adalah suatu kegiatan atau usaha memberikan pesan gizi kepada masyarakat, kelompok, atau individu dengan harapan agar bisa memperoleh pengetahuan tentang gizi yang lebih baik sehingga dapat berpengaruh pada sikap dan perilaku. Pendidikan gizi seimbang masih sedikit diberikan kepada anak usia sekolah. Pendidikan gizi pada anak sekolah perlu menggunakan media sebagai alat penunjang agar mudah dimengerti dan diterapkan dengan baik. Pemilihan cerita pendek memiliki beberapa keunggulan untuk mengajar dibandingkan dengan genre lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan media cerita pendek (cerpen) terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku anak tentang gizi seimbang di SDN Gunung Makmur 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment dan menggunakan desain one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 4 dan 5 di Sekolah Dasar Negeri Gunung Makmur 1 yang berjumlah 51 orang dengan teknik pengambilan sampel keseluruhan populasi. Peningkatan pengetahuan gizi seimbang yang sebelumnya 49% menjadi 82%, sikap gizi seimbang yang sebelumnya 86% menjadi 90% dan perilaku gizi seimbang yang sebelumnya 80% menjadi 96%. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon signed ranks menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap pengetahuan gizi seimbang (p=0.000). Berdasarkan hasil uji Paired t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap sikap gizi seimbang (p=0.001) dan tidak terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap perilaku gizi seimbang (p=0.052) di SDN Gunung Makmur 1.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: S1 Gizi
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 15 Feb 2022 07:05
Last Modified: 15 Feb 2022 07:05
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item