SEPTI ANGGISTIA, PAULIN (2021) PENGARUH PENDIDIKAN GIZI DENGAN MEDIA CERITA PENDEK (CERPEN) TERHADAP PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU ANAK TENTANG GIZI SEIMBANG DI SDN GUNUNG MAKMUR 1. [Tugas Akhir]
Text
SEPTI ANGGISTIA PAULIN abstrak.pdf Download (154kB) |
|
Text
Jurnal Septi Anggistia Paulin PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
PROPOSAL SEPTI ANGGISTIA PAULIN PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
SKRIPSI SEPTI ANGGISTIA PAULIN PDF.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Pendidikan gizi pada hakikatnya adalah suatu kegiatan atau usaha memberikan pesan gizi kepada masyarakat, kelompok, atau individu dengan harapan agar bisa memperoleh pengetahuan tentang gizi yang lebih baik sehingga dapat berpengaruh pada sikap dan perilaku. Pendidikan gizi seimbang masih sedikit diberikan kepada anak usia sekolah. Pendidikan gizi pada anak sekolah perlu menggunakan media sebagai alat penunjang agar mudah dimengerti dan diterapkan dengan baik. Pemilihan cerita pendek memiliki beberapa keunggulan untuk mengajar dibandingkan dengan genre lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan gizi dengan media cerita pendek (cerpen) terhadap pengetahuan, sikap dan perilaku anak tentang gizi seimbang di SDN Gunung Makmur 1. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi experiment dan menggunakan desain one group pretest-postest. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas 4 dan 5 di Sekolah Dasar Negeri Gunung Makmur 1 yang berjumlah 51 orang dengan teknik pengambilan sampel keseluruhan populasi. Peningkatan pengetahuan gizi seimbang yang sebelumnya 49% menjadi 82%, sikap gizi seimbang yang sebelumnya 86% menjadi 90% dan perilaku gizi seimbang yang sebelumnya 80% menjadi 96%. Berdasarkan hasil uji statistik Wilcoxon signed ranks menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap pengetahuan gizi seimbang (p=0.000). Berdasarkan hasil uji Paired t-test menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap sikap gizi seimbang (p=0.001) dan tidak terdapat pengaruh pemberian media cerita pendek terhadap perilaku gizi seimbang (p=0.052) di SDN Gunung Makmur 1.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 07:05 |
Last Modified: | 31 May 2023 07:23 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/322 |
Actions (login required)
View Item |