AYU, RIZKA APRILIANI (2020) HUBUNGAN TINGKAT KONSUMSI ENERGI, ZAT BESI DAN STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SDN 2 GUNTUNG MANGGIS BANJARBARU. [Tugas Akhir]
Text
AYU RIZKA APRILIANI-abstrak.pdf Download (154kB) |
|
Text
NASKAH PUBLIKASI AYU RIZKA APRILIANI 16S10168.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) |
|
Text
Proposal AYU RIZKA APRILIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
SKRIPSI AYU RIZKA APRILIANI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan utama yang dihadapi saat ini khususnya dalam bidang pendidikan yaitu masih rendahnya prestasi belajar pada anak sekolah dasar. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi prestasi belajar anak yaitu berupa faktor internal, faktor eksternal dan pendekatan belajar. Konsumsi energi dan zat besi (Fe) dan status gizi, yang baik merupakan salah satu indikator yang sangat penting dalam membantu proses pertumbuhan dan perkembangan otak anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat konsumsi energi, zat besi dan status gizi terhadap prestasi belajar di SDN 2 Guntung Manggis Banjarbaru. Metode analitik dengan rancangan Cross Sectional yang dilakukan pada bulan Juni 2020 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling, pada anak kelas IV dan V (115 sampel). Data tingkat konsumsi energi dan zat besi (Fe) dikumpulkan dengan menggunakan form food recall 2x24 jam, sedangkan status gizi dengan menggunakan IMT/U. Teknik analisa data menggunakan uji korelasi rank spearman. Sebagian besar tingkat konsumsi energi termasuk dalam kategori cukup yaitu 48,7% dan sebagian besar zat besi dalam kategori kurang yaitu 39,2%, sedangkan status gizi termasuk dalam kategori normal yaitu 64,3% dan prestasi belajar termasuk dalam kategori baik yaitu 57,4%. Hasil uji statistik nilai p= 0,004, r= 0,266 untuk konsumsi energi yang berarti ada hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar, diperoleh nilai p= 0,041, r= 0,191 untuk konsumsi zat besi yang berarti ada hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar, dan diperoleh nilai p= 0,003, r= 0,275 untuk status gizi yang berarti ada hubungan yang signifikan dengan prestasi belajar siswa SDN 2 Guntung Manggis Banjarbaru.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | S1 Gizi |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 11 Feb 2022 03:55 |
Last Modified: | 23 Aug 2023 07:48 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/256 |
Actions (login required)
View Item |