LIVIANA, RIZKI (2019) KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP PROSEDUR SISTEM RUJUKAN ONLINE PELAYANAN BPJS DI RSUD ULIN BANJARMASIN TAHUN 2019. [Tugas Akhir]
Text
LIVIANA RIZKI - 16D30286.pdf Download (91kB) |
|
Text
Naskah Publikasi LIVIANA RIZKI 16D30286.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) |
|
Text
Proposal LIVIANA RIZKI 16D30286.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
KTI LIVIANA RIZKI 16D30286.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
Abstract
Kepuasan pasien meliputi daya tanggap (responsiveness), menumbuhkan adanya jaminan (assurance), menunjukkan bukti fisik (tangible) yang dapat dilihatnya, menurut empati (empathy) dari orang-orang yang memberikan pelayanan sesuai dengan kehandalannya (reliability) menjalankan tugas pelayanan yang diberikan secara konsekuen untuk memuaskan yang menerima pelayanan. Dari 10 pasien rawat jalan, 7 pasien kecewa terhadap prosedur sistem rujukan online karena berbagai faktor. Tujuan penelitian adalah mengetahui kepuasan pasien rawat jalan terhadap prosedur sistem rujukan online pelayanan BPJS. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif yaitu menggambarkan kepuasan kepuasan dan kepuasan pasien rawat jalan terhadap prosedur sistem rujukan online pelayanan BPJS. Subjek penelitian yaitu seluruh pasien rawat jalan pada bulan Juni 2019 berjumlah 13.854 pasien dan teknik sample yang digunakan yaitu Accidental Sampling dengan kriteria inklusi sesuai tujuan penelitian berjumlah 99 responden. Berdasarkan hasil penelitian, RSUD Ulin Banjarmasin telah memiliki standar prosedur operasional pendaftaran pasien rawat jalan. Pasien puas terhadap prosedur sistem rujukan online pelayanan BPJS dengan menggunakan aplikasi v-claim berdasarkan responsiveness, assurance, tangible, empathy dan reliability di RSUD Ulin Banjarmasin yaitu sebanyak 57 pasien (57,57%) dan yang kurang puas yaitu sebanyak 42 pasien (42,43%). Aspek-aspek yang mempengaruhi kepuasan pasien yaitu kurang tersedianya leaflet/brosur mengenai prosedur dan tata cara pendaftaran pasien rawat jalan dan lamanya antrian pendaftaran pasien rawat jalan di tempat pendaftaran pasien rawat jalan.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 08:12 |
Last Modified: | 08 Aug 2023 01:59 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/71 |
Actions (login required)
View Item |