Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

GAMBARAN KELENGKAPAN INFORMASI KLINIS PASIEN KASUS KECELAKAAN PADA DOKUMEN REKAM MEDIS (DRM) DI UGD RS TPT TK. III DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN.

KARMILA, MAULIDA (2020) GAMBARAN KELENGKAPAN INFORMASI KLINIS PASIEN KASUS KECELAKAAN PADA DOKUMEN REKAM MEDIS (DRM) DI UGD RS TPT TK. III DR. R. SOEHARSONO BANJARMASIN. [Tugas Akhir]

[img] Text
KARMILA MAULIDA.pdf

Download (152kB)

Abstract

Kelengkapan Informasi Klinis diartikan sebagai kelengkapan data hasil pemeriksaan, pengobatan, perawatan yang dilakukan oleh praktisi kesehatan penunjang medis terhadap pasien rawat inap maupun rawat jalan (termasuk gawat darurat). Rekam medis pasien memuat seluruh informasi klinis dan nonklinis yang bersinggungan dengan pelayanan yang diterima pasien selama di rumah sakit. Informasi klinis pasien salah satunya terdapat didalam dokumen rekam medis. Kelengkapan pengisian informasi klinis pada dokumen rekam medis sangat penting karena dokumen rekam medis yang lengkap adalah cermin mutu rekam medis serta layanan yang diberikan oleh rumah sakit dengan standar kelengkapan 100%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kelengkapan informasi klinis pasien kasus kecelakaan pada dokumen rekam medis (DRM) di UGD RS TPT Tk. III Dr. R. Soeharsono Banjarmasin dilihatdari: Riwayat Medis (anamnesis), Diagnosa Utama dan Sekunder, Tindakan, Pemeriksaan Fisik dan Penunjang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Objek penelitiannya adalah 38 sampel dokumen rekam medis pasien kasus kecelakaan di UGD RS TPT Tk. III Dr. R. Soeharsono Banjarmasin. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode quota sampling. Berdasarkan hasil penelitian kelengkapan informasi klinis berupa Riwayat Medis (Anamnesis) 89% lengkap, Diagnosa Utama dan Sekunder 68% lengkap, Tindakan 98% lengkap, Pemeriksaan fisik dan penunjang 92% lengkap. Disimpulkan bahwa gambaran kelengkapan informasi klinis pasien kasus kecelakaan pada dokumen rekam medis (DRM) di UGD RS TPT Tk. III Dr. R. Soeharsono Banjarmasin belum 100% lengkap.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 04 Feb 2022 06:14
Last Modified: 04 Feb 2022 06:14
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/213

Actions (login required)

View Item View Item