Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

HUBUNGAN KETEPATAN DAN KECEPATAN PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS BEROBAT (KIB) DENGAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN PASIEN RAWAT JALAN LAMA DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN TAHUN 2021

HERLINA, LATHIFAH (2021) HUBUNGAN KETEPATAN DAN KECEPATAN PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS BEROBAT (KIB) DENGAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN PASIEN RAWAT JALAN LAMA DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN TAHUN 2021. [Tugas Akhir]

[img] Text
HERLINA LATHIFAH - 18D30462.pdf

Download (292kB)

Abstract

Kartu Identitas Berobat (KIB) merupakan kartu tanda pengenal milik pasien yang digunakan untuk memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya untuk melakukan penyediaan berkas rekam medis saat melakukan pendaftaran. Penggunaan KIB yang tepat menjadikan pelayanan pendaftaran cepat dan terhindar dari penumpukkan pasien yang berlebih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketepatan dan kecepatan penggunaan Kartu Identitas Berobat (KIB) dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama di Puskesmas Banjarbaru Selatan tahun 2021. Penelitian ini bersifat survey analitik. Populasi pasien rawat jalan yang datang ke Puskesmas Banjarbaru Selatan pada tahun 2021, yaitu berjumlah 144 orang pertiga harinya dan sampel diambil dengan teknik accidental sampling sebanyak 59 pasien rawat jalan lama dari tanggal 17 – 20 Maret tahun 2021. Data diperoleh dari hasil observasi dan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Dari hasil penelitian diperoleh dari 59 pasien rawat jalan lama, ketepatan penggunaan KIB sebagian besar tepat sebanyak 46 pasien (78%), hasil kecepatan waktu layanan penggunaan KIB sebagian besar < 10 menit (cepat) sebanyak 44 pasien (75%), hasil kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama (kepuasan pasien) sebagian sangat baik sebanyak 22 pasien (48%), sebagian besar baik sebanyak 22 pasien (48%), dan sebanyak 2 pasien (4%) yang menyatakan kurang baik. Hasil hubungan ketepatan penggunan KIB dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama sebesar 0,001 Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan. Dan hubungan kecepatan waktu layanan penggunaan KIB dengan dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama dengan nilai Sig 0,000 Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:57
Last Modified: 02 Feb 2022 00:57
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/179

Actions (login required)

View Item View Item