HERLINA, LATHIFAH (2021) HUBUNGAN KETEPATAN DAN KECEPATAN PENGGUNAAN KARTU IDENTITAS BEROBAT (KIB) DENGAN KUALITAS PELAYANAN PENERIMAAN PASIEN RAWAT JALAN LAMA DI PUSKESMAS BANJARBARU SELATAN TAHUN 2021. [Tugas Akhir]
Text
HERLINA LATHIFAH - 18D30462.pdf Download (292kB) |
|
Text
JURNAL_HERLINA LATHIFAH_18D30462.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
|
Text
PROPOSAL_HERLINA LATHIFAH_18D30462.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
KTI_HERLINA LATHIFAH_18D30462.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Kartu Identitas Berobat (KIB) merupakan kartu tanda pengenal milik pasien yang digunakan untuk memperoleh pelayanan kesehatan, khususnya untuk melakukan penyediaan berkas rekam medis saat melakukan pendaftaran. Penggunaan KIB yang tepat menjadikan pelayanan pendaftaran cepat dan terhindar dari penumpukkan pasien yang berlebih. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan ketepatan dan kecepatan penggunaan Kartu Identitas Berobat (KIB) dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama di Puskesmas Banjarbaru Selatan tahun 2021. Penelitian ini bersifat survey analitik. Populasi pasien rawat jalan yang datang ke Puskesmas Banjarbaru Selatan pada tahun 2021, yaitu berjumlah 144 orang pertiga harinya dan sampel diambil dengan teknik accidental sampling sebanyak 59 pasien rawat jalan lama dari tanggal 17 – 20 Maret tahun 2021. Data diperoleh dari hasil observasi dan kuesioner. Teknik analisa data menggunakan analisis univariat dan bivariat. Dari hasil penelitian diperoleh dari 59 pasien rawat jalan lama, ketepatan penggunaan KIB sebagian besar tepat sebanyak 46 pasien (78%), hasil kecepatan waktu layanan penggunaan KIB sebagian besar < 10 menit (cepat) sebanyak 44 pasien (75%), hasil kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama (kepuasan pasien) sebagian sangat baik sebanyak 22 pasien (48%), sebagian besar baik sebanyak 22 pasien (48%), dan sebanyak 2 pasien (4%) yang menyatakan kurang baik. Hasil hubungan ketepatan penggunan KIB dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama sebesar 0,001 Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan. Dan hubungan kecepatan waktu layanan penggunaan KIB dengan dengan kualitas pelayanan penerimaan pasien rawat jalan lama dengan nilai Sig 0,000 Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada hubungan.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 00:57 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 06:36 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/179 |
Actions (login required)
View Item |