ERMINA, ERMINA (2021) PERBEDAAN KUALITAS PEMBERIAN LAYANAN KEPESERTAAN BPJS DAN UMUM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN TAHUN 2021. [Tugas Akhir]
Text
ERMINA - 18D30445.pdf Download (91kB) |
|
Text
Jurnal Publikasi Ilmiah Ermina_18d30445.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
|
Text
Proposal Penelitian (Ermina.).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
KTI-Ermina (1).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin di dapat bahwa pelayanan kesehatan yang kurang baik yaitu terdapat perbedaan pada sistem antrian poli dan pemberian obat baik rawat jalan maupun rawat inap, serta terdapat sebagian bidan dan dokter yang tidak mau memakai sistem BPJS Kesehatan dikarenakan tarif dari pemerintah terlalu murah bagi standar seorang dokter atau bidan, terutama pada poli obgyn terdapat beberapa bidan yang bersikap kurang baik atau kasar saat melayani pasien dengan kepesertaan BPJS dan bersikap baik kepada pasien umum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas pemberian layanan kepada pasien kepesertaan BPJS dan umum terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan populasi sebanyak 270 dan sampel sebanyak 72 menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kualitas pemberian layanan menurut pasien BPJS 50% baik, menurut pasien umum 75,0% baik dan tingkat kepuasan pasien BPJS 77,8% tidak puas, tingkat kepuasan menurut pasien umum 75,0% puas. Hasil uji statistik di peroleh p=0,001 yang artinya ada beda antara pemberian kualitas layanan kepada pasien Umum dan pasien BPJS, serta p=0,000 yang artinya ada perbedaan tingkat kepuasan pasien umum dan pasien BPJS. Kesimpulan penelitian ada perbedaan pada pemberian kualitas layanan kepesertaan BPJS dan umum dan perbedaan pada tingkat kepuasan pasien. Sebaiknya pelayanan terhadap pasien baik pasien umum maupun pasien dengan kepesertaan BPJS lebih ditingkatkan lagi demi menunjang pelayanan itu sendiri.
Item Type: | Tugas Akhir |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | D3 Perekam dan Informasi Kesehatan |
Depositing User: | Administrator SHB |
Date Deposited: | 02 Feb 2022 00:56 |
Last Modified: | 21 Aug 2023 07:12 |
URI: | http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/172 |
Actions (login required)
View Item |