Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERBEDAAN KUALITAS PEMBERIAN LAYANAN KEPESERTAAN BPJS DAN UMUM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN TAHUN 2021

ERMINA, ERMINA (2021) PERBEDAAN KUALITAS PEMBERIAN LAYANAN KEPESERTAAN BPJS DAN UMUM TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN TAHUN 2021. [Tugas Akhir]

[img] Text
ERMINA - 18D30445.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Jurnal Publikasi Ilmiah Ermina_18d30445.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text
Proposal Penelitian (Ermina.).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
KTI-Ermina (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan di Rumah Sakit Islam Banjarmasin di dapat bahwa pelayanan kesehatan yang kurang baik yaitu terdapat perbedaan pada sistem antrian poli dan pemberian obat baik rawat jalan maupun rawat inap, serta terdapat sebagian bidan dan dokter yang tidak mau memakai sistem BPJS Kesehatan dikarenakan tarif dari pemerintah terlalu murah bagi standar seorang dokter atau bidan, terutama pada poli obgyn terdapat beberapa bidan yang bersikap kurang baik atau kasar saat melayani pasien dengan kepesertaan BPJS dan bersikap baik kepada pasien umum. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kualitas pemberian layanan kepada pasien kepesertaan BPJS dan umum terhadap tingkat kepuasan pasien di Rumah Sakit Islam Banjarmasin tahun 2021. Penelitian ini menggunakan metode analitik kuantitatif dengan populasi sebanyak 270 dan sampel sebanyak 72 menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa kualitas pemberian layanan menurut pasien BPJS 50% baik, menurut pasien umum 75,0% baik dan tingkat kepuasan pasien BPJS 77,8% tidak puas, tingkat kepuasan menurut pasien umum 75,0% puas. Hasil uji statistik di peroleh p=0,001 yang artinya ada beda antara pemberian kualitas layanan kepada pasien Umum dan pasien BPJS, serta p=0,000 yang artinya ada perbedaan tingkat kepuasan pasien umum dan pasien BPJS. Kesimpulan penelitian ada perbedaan pada pemberian kualitas layanan kepesertaan BPJS dan umum dan perbedaan pada tingkat kepuasan pasien. Sebaiknya pelayanan terhadap pasien baik pasien umum maupun pasien dengan kepesertaan BPJS lebih ditingkatkan lagi demi menunjang pelayanan itu sendiri.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:56
Last Modified: 21 Aug 2023 07:12
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/172

Actions (login required)

View Item View Item