Penelusuran Data

Telusuri data di dalam kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

TINJAUAN FAKTOR TIDAK TERCAPAINYA SASARAN MUTU WAKTU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS SUNGAI MARIAM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2021

ATHOULLAH, ARYTANTRI SUTISNA (2021) TINJAUAN FAKTOR TIDAK TERCAPAINYA SASARAN MUTU WAKTU PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS SUNGAI MARIAM KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TAHUN 2021. [Tugas Akhir]

[img] Text
ATHOULLAH ARYTANTRI SUTISNA - 18D30431.pdf

Download (91kB)

Abstract

Tempat pendaftaran pasien rawat jalan merupakan pelayanan pertama sebagai pintu gerbang yang berperan penting memberikan kesan pertama yang baik bagi pasien. Waktu tunggu di tempat pendaftaran pasien rawat jalan menjadi salah satu faktor yang menentukan citra awal fasilitas pelayanan kesehatan. Terhambatnya pelayanan karena waktu tunggu pendaftaran yang lama dapat mengakibatkan pasien merasa tidak nyaman serta dapat menyebabkan antrian yang panjang. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif, dengan teknik Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 245 pasien rawat jalan. Instrumen yang digunakan yaitu wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah alur dan prosedur pendaftaran pasien rawat jalan sudah diterapkan sesuai dengan standar operasional prosedur, Sumber daya manusia dari aspek pendidikan dan aspek pelatihan masih tidak sesuai, karena petugas tidak memiliki latar belakang pendidikan rekam medis dan belum mendapatkan pelatihan khusus rekam medis. Kelengkapan persyaratan pendaftaran pasien rawat jalan tidak lengkap 100% pada pasien baru sebanyak 31.7% tidak membawa kartu identitas, 43.9% tidak membawa kartu keluarga, 73.1% tidak membawa kartu berobat 68.3% tidak membawa kartu asuransi kesehatan. pada pasien lama 11.8% tidak membawa kartu identitas, 31.9 tidak membawa kartu keluarga, 90.1% tidak membawa kartu kerobat dan 83.3% tidak membawa kartu asuransi kesehatan, sarana dan prasarana di tempat pendaftaran pasien rawat jalan masih tidak terpenuhi. Sistem pendaftaran pasien tidak sesuai karena masih menggunakan sistem pendaftaran manual. Sehingga faktor tidak tercapainya sasaran mutu waktu pelayanan pendaftaran pasien rawat jalan puskesmas sungai mariam kabupaten kutai kartanegara adalah faktor sumber daya manusia, kelengkapan persyaratan pendaftaran pasien, Sarana dan prasarana TPPRJ, serta sistem pendaftaran pasien rawat jalan.

Item Type: Tugas Akhir
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: D3 Perekam dan Informasi Kesehatan
Depositing User: Administrator SHB
Date Deposited: 02 Feb 2022 00:55
Last Modified: 02 Feb 2022 00:55
URI: http://repository.stikeshb.ac.id/id/eprint/165

Actions (login required)

View Item View Item